Cara Menyalin Teks Atau Kalimat Yang Ada Didalam Gambar/Foto

Selama ini mungkin yang kita tahu kalau ingin menyalin sebuah teks, setidaknya kita harus mempunyai teks yang ingin dicopy. Jika tidak punya, bagaimana mungkin kita bisa melakukannya. Kan tidak mungkin banget kan!

Biasanya teks yang bisa dicopy itu rata-rata mayoritas berformat .TXT dan .docx. Sedangkan untuk format-format yang lain, Saya tidak tahu teks berekstensi apa saja yang bisa dicopas. Kecuali bahasa pemograman seperti HTML, dan XML . Itupun Saya tahunya ketika mengedit-edit template blog.

Namun lepas dari itu, bisakah seandainya kita mau mengcopy teks yang ada didalam sebuah gambar atau foto? Mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus mikir-mikir dulu untuk menjawabnya.

Karena kalau mau berpikir secara logis, rasanya tidak mungkin banget jika tulisan yang ada didalam gambar/foto itu bisa dicopas menjadi sebuah teks atau kalimat. Soalnya selama ini yang kita tahu gambar tersebut hanya bisa diduplicate lebih dari satu. Sedangkan teks yang ada dialamnya tetap menempel satu paket dengan objek yang ada digambar itu sendiri.

Akan tetapi kalau kita tinjau dari segi mutakhirnya ilmu pengetahuan dan teknologi di era akhir zaman ini, hal seperti itu bisa saja terjadi. Karena di zaman yang serba canggih ini, sesuatu yang semestinya tidak mungkin bisa berubah menjadi mungkin.

Sebagai contoh misalnya, di era tahun 80-an mungkin banyak orang yang tidak mempercayainya jika ada seseorang yang mengatakan bahwa “suatu saat nanti manusia bisa bertatap muka langsung dengan orang lain meski jaraknya lebih dari 10000 KM dalam hitungan detik”.

Menurut mereka bagaimana mungkin jarak yang begitu jauhnya bisa mempertemukan 2 orang atau lebih hanya dalam hitungan detik? Pesawat supersonik saja yang mempunyai kecepatan ekstra cepat tidak mungkin menempuh jarak sejauh itu hanya dalam hitungan detik.

Namun pada kenyataannya, perspektif dari generasi 80an yang tidak mempercayai itu sekarang telah dipatahkan oleh canggihnya ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.

Dimana kini kita bisa berkomunikasi langsung (tatap muka) bersama orang lain yang ada diluar negeri dengan cara melakukan video call via aplikasi messenger dan semacamnya hanya dalam hitungan detik. Hemmm… hebatkan.

Sama halnya dengan tulisan atau kalimat yang menempel di gambar-gambar tertentu, kalau dulu sebelum muncul samrtphone-smartphone masa kini, mungkin teks tersebut tidak bisa disalin. Tapi sekarang dengan hadirnya telpon pintar yang selalu ada di genggaman tangan kita, terutama smartphone  Android, maka semua tulisan yang ada didalamnya akan bisa tersalin tanpa ada masalah dan tanpa ribet tentunya.

Menurut saya pribadi, aplikasi screenshot teks ini adalah termasuk aplikasi penemuan terbaru yang paling banyak manfaatnya bagi banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang mempunyai jiwa pemalas seperti saya ini.

Jadi ketika saya ingin menulis kalimat yang terkandung didalam gambar itu, saya tidak harus menulis ulang kalimatnya, melainkan saya impor gambarnya ke aplikasi yang bersangkutan kemudian disana nanti muncul sebuah teks yang ejaanya persis seperti  yang tertera digambar itu. Dan teks itu nantinya bisa di copy-paste ke tempat lain.

Berikut Cara Menyalin Teks Yang Ada Digambar atau Foto.

1). Pertama kalian install aplikasi yang bernama “Menyelin Teks di Layar” atau “Copy Text On Screen

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasi tersebut dan pilih gambar atau foto yang ingin di salin Teksnya. (dalam tutorial ini, saya ingin mengcopy teks SSH yang sebelumnya saya sudah screenshot).

3). Selanjutnya klik tanda centang yang ada di pojok kanan bawah (warna hijau).

4). Kemudian tunggu proses screenshot penyalinan selesai.

5). Jika prosesnya sudah selesai, silahkan klik untuk melihat teksnya.

Dan dibawah ini adalah hasil dari Teks yang ada didalam screenshot tersebut.

fastssh.com/page/ssh
+] creating an username...
+] Username has been successfully created
+] setting an expiry date..
+] Expiry date has been updated
+] setting up a password....
+] Password has been set

Your Username fastssh.com-madurace.com has
been successfully createdi
Username SSH : fastssh.com-madurace.com
Password SSH : 1
Host IP Addr: ssl-sg2.hostip.co
Date Created: 04-January-2021
Date Expired 11-January-2021
Account will expire on 11-January-2021.
You allowed use this account up to two (2)
multi-bitvise, else you will be automatically
disconnected from the server

6). Selesai..

Demikianlah Tutorial cara menyalin teks/kalimat/kalimat yang ada didalam gambar/foto. Semoga dengan hadirnya artikel yang sederhana ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Aminn

Related Posts

Subscribe Our Newsletter