Cara Reset Ulang/Hard Reset Di Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 merupakan penerus dari Galaxy A50 dan Samsung A50s yang dirilis pada tahun 2019.

Jika di tinjau dari segi dapur pacunya, Samsung Galaxy A51 digadang-gadang lebih ngebut dari pendahulunya. Karena telah dibekali chipset terbaru yaitu Exynos 9611. Sedangkan yang ada dibawahnya masih mengusung Exynos 9610.

Samsung Galaxy A51 dibekali RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dan support memory Eksternal (micro-SD) diatas 1 TB. Sedangkan untuk CPU dibekali Octa-Core (Cortex-A73 dan Cortex-A53).

Namun meski dibekali spesifikasi yang lumayan mumpuni, bagaimana pun juga jika ponsel terus-menerus digunakan pasti secara lambat-laun performanya akan menurun juga. Terlebih perangkat yang bersangkutan masuk kategori ponsel yang bisa dibilang sibuk, apalagi aktif bermain game.

Jadi mau tidak mau Pengguna harus ekstra merawatnya agar multitasking ponsel tetap enteng dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu perawatan ponsel yang paling jitu dan paling terasa manfaatnya adalah dengan cara melakukan hard reset/reset ulang secara berkala. Karena dengan melakukan reset tersebut file-file yang dapat menghambat performa ponsel akan terhapus secara keseluruhan. Sehingga komponen-komponen penting yang tadinya dikotori oleh file-file tersebut akan bersih kembali seperti semula layak baru keluar dari pabrik.

Namun demikian, fungsi dari Hard Reset sendiri bukan hanya untuk mengembalikan performa ponsel melainkan juga berfungsi untuk membuka ponsel yang lupa kunci atau password.

Jadi kalau ada pengguna yang HP Android Samsung Galaxy A51 nya mengalami lupa password, maka pengguna bisa mengatasinya dengan melakukan hard reset ini. Serumit apapun password yang dibuatnya, maka itu tidak ada pengaruh nya sama sekali jika perangkat yang bersangkutan sudah di reset ulang oleh pemiliknya.

Tapi untuk Android-android masa kini yang rata-rata sudah dibekali Operasi Sistem Android 7 keatas, pengguna jangan asal langsung meresetnya karena bisa jadi akun Gmail yang disematkan kedalam ponsel yang bersangkutan statusnya sudah tersinkronisasi.

Kalau sudah tersinkronisasi biasanya perangkat yang sudah direset nantinya dimintai Gmail lama yang sudah tersinkron tersebut. Jadi, jika pengguna tidak tahu username dan passwordnya alangkah baiknya sebelum melakukan hard reset diubah dulu pengaturannya agar akun Gmail nya tidak tersinkron ke Google. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi yang tidak tahu bagaimana cara menon-aktifkannya bisa kalian baca artikel sebelumnya yaitu Cara Menonaktifkan Akun Gmail Yang Sudah Tersinkron di HP Android

Jika sudah kalian tahu cara menonaktifkan akun Gmail yang sudah disinkronisasi tersebut dan akun Gmailnya sudah dipastikan tidak tersinkron lagi, maka boleh kalian mereset ulang HP Samsung Galaxy A51 nya.

Berikut langkah-langkah cara untuk Hard Reset di HP Samsung Galaxy A51.

1). Pertama-tama matikan dulu ponselnya. Selanjutnya hidupkan lagi ponsel tersebut dengan menekan Tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Bawah. Beberapa detik

2). Jika tampilan layar menjadi gelap, maka tekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan beberapa detik.

3). Jika Logo Samsung nya sudah muncul, maka lepaslah kedua tombol tersebut.

4). Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman Recovery mode. Setelah masuk didalamnya, sekarang pilih Wipe Data/Factory Reset dengan menekan tombol Volume Bawah. Lalu tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

5). Selanjutnya pilih menu Yes dengan menekan tombol Power lagi untuk mengeksekusi. Kemudian tunggu beberapa menit sampai proses hard reset selesai.

6). Jika sudah sekarang pilih menu Reboot System Now. Dan jangan lupa untuk menekan tombol Power sekali lagi untuk mengeksekusi. Setelah itu hp Samsung Galaxy A51 kalian akan Restart.

7). Selesai.

Demikianlah tutorial cara melakukan Reset ulang di HP Android Samsung Galaxy A51. Setalah HP berhasil direset maka performa HP terasa lebih enteng bak baru keluar dari pabrik dan semua pengaturannya pun juga berubah layaknya HP yang baru beli dari Toko resminya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter