Inilah Video YouTube Yang Pertama Kali Diunggah Ke Situs YouTube

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Video Apakah yang pertama di upload Ke YouTube

Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. 

Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. 

Selain dari itu, konten amatir seperti video orisinal pendek, masakan, kesehatan, pertanian, prank, musik, berbagai tutorial teknologi seperti Komputer, Ponsel, Internet, dan lain sebagainya serta video pendidikan juga ada dalam situs ini. Bahkan hampir seluruh kegiatan/aktivitas yang ada di seluruh dunia didokumentasikan kedalam situs ini.

Dulu penulis sebelum mengenal YouTube merasa terheran-heran dan kagum ketika menonton acara-acara yang ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi swasta nasional yang menayangkan video-video unik yang didalamnya disisipkan watermark sumber dari video tersebut berasal.

Salah satu acara televisi yang Saya maksud dan yang paling fenomenal waktu itu adalah "Silet" yang ditayangkan oleh RCTI setiap Senin hingga Jumat pada pukul 08.45 hingga 10:30 WIB yang dipandu oleh presenter kawakan ternama (Feni Rose) yang mempunyai karakter intonasi dan gaya khas tersendiri dalam dunia infotainment.

Video-video yang ditayangkan di dalam acara tersebut tertulis "Courtesy of YouTube". Yang artinya kalau tidak salah mempunyai makna kurang lebih Video Milik YouTube atau Video diambil dari YouTube.

Saya kira video-video tadi adalah milik pribadi/perseorangan yang sengaja di kirim ke produser untuk disebarluaskan ke publik secara sukarela tanpa adanya monetisasi sepeserpun. Gak tahunya, setelah internet masuk desa dan Saya yang awalnya gaptek banget terhadap internet tersebut akhirnya perlahan-lahan sedikit demi sedikit bisa juga mengakses dunia Maya layaknya orang kota kebanyakan, ternyata YouTube itu bukanlah milik perseorangan melainkan milik anak perusahaan besar (Google) yang bergerak di bidang layanan Host Video.

Perlu diketahui bersama bahwa pada bulan November 2006, YouTube telah dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaannya. Ngomong-ngomong uang sebanyak itu kalau di kurs-kan ke Rupiah jadi berapa triliun ya? Coba hitung sendiri di kalkulator ponsel kalian dengan menggunakan kurs US$ dollar terhadap Rupiah Rp.14.000.

Namun meski kita sudah tahu semua tentang seluk-beluk dari portal situs penyedia layanan video online gratis ini, dan hampir setiap hari atau jam kita menontonnya, belum tentu diantara kita ada yang tahu video pertama kali yang diupload/unggah disana itu video yang mana? Dan isi kontennya seperti apa? Serta tahun uploadnya tahun berapa? Dan orangnya berasal darimana? Penasaran kan.

Di kutip dari berbagai info, video yang pertama kali di upload ke situs YouTube itu adalah video milik orang yang bernama Jawed Karim. Warga Amerika Serikat kelahiran Jerman Timur dengan etnis percampuran Bangladesh-Jerman.

Jawed Karim sendiri sebenarnya adalah salah satu orang yang sangat penting di perusahaan YouTube. Karena dibalik kesuksesan situs YouTube sendiri tidak lepas dari buah pikirannya bersama dengan kedua temannya yaitu Chad Hurley dan Steve Chen

Jadi hak paten yang sah sebagai pendiri YouTube itu dimiliki oleh ketiga progamer handal yang telah disebutkan diatas tadi.

Adapun untuk videonya berjudul Me at The Zoo dengan durasi 19 detik. Didalam video tersebut tampak seorang berdiri (Jawed Karim) disamping Kebun Binatang.

Jika ditinjau dari Channel YouTube Pribadi Jawed sendiri, video ini diunggah pada tanggal 24 April 2005.

Sampai artikel ini dipublish video tersebut statusnya masih ada (aktif) sampai sekarang dan sudah ditonton lebih dari 150 juta kali.

Berikut cuplikan video YouTube yang pertama kali tayang di situs YouTube yang bertajuk Me at The Zoo.




Related Posts

Subscribe Our Newsletter