Install Python 2 Di Termux Dan Cara Menggunakan Untuk Internet Gratis

Termux adalah salah satu aplikasi yang dirancang untuk smartphone yang berjalan di operasi sistem Android. Tapi meski pihak pengembang telah mendesign untuk jenis OS (operating System) tersebut, ternyata pada kenyataannya tidak semua smartphone Android bisa support terhadap aplikasi yang satu ini.

Ada beberapa jenis atau tipe smartphone Android yang tidak bisa memanfaatkan aplikasi Termux yaitu diantaranya adalah smartphone-smartphone yang masih berjalan di OS Android versi 5.0 kebawah. Seperti misalnya versi KitKat, JellyBean, Gingerbread, Froyo, beserta semua versi yang ada dibawahnya.

Sedangkan untuk versi Lollipop dan seterusnya, aplikasi yang satu ini ketika dioperasikan sangat kompetitif dan hampir tidak ada kendala sama sekali. Ini artinya memang pihak developer sengaja mengembangkan aplikasi Termux untuk HP Android versi 5.0 keatas saja.

Termux bukanlah aplikasi gretongan atau bukan pula aplikasi-aplikasi yang statusnya sering digunakan oleh para pengguna Android kebanyakan. Melainkan aplikasi yang berfungsi sebagai terminal emulator dan environment Linux berbasis Linux Debian.

Mungkin kalian yang baru mendengar istilah ini akan merasa bingung terminal emulator itu apa? Kalau iya, berarti sama dengan saya. Sama-sama gak tahunya.

Tapi untuk memudahkan pemahaman tentang terminal emulator ini sebenarnya sangat gampang. Karena terminal emulator sendiri kalau di laptop/PC (baik Windows atau Linux) dikenal dengan Istilah Command Prompt (CMD).

Jadi CMD ini adanya di Windows atau Linux, sedangkan terminal emulator sendiri adanya di sistem operasi Android. Adapun untuk fungsinya adalah sama-sama digunakan untuk memasukkan, menampilkan, dan mencetak data. Yang membedakan hanya terletak pada perintah-perintah yang digunakan.

Namun jika Termux dikendalikan oleh orang yang mahir dalam pemrograman dan digunakan oleh orang-orang jahat, maka kehadiran aplikasi yang satu ini meski hanya dioperasikan melalui smartphone Android statusnya akan menjadi perangkat yang sangat berbahaya bagi orang lain serta akan merugikan orang banyak.

Kenapa demikian? Karena Termux sering kali dimanfaatkan hacker sebagai alat untuk melakukan hacking situs/website, mencuri data, meretas Wi-Fi, membobol akun Facebook dan lain sebagainya.

Saya sendiri sekitar tahun 2016 yang lalu pernah belajar dunia hitam ini dan sempat diajari oleh para master tentang cara belanja online di Amazon tanpa harus membayar menggunakan kartu kredit maupun Virtual Credit Card (VCC) milik kita sendiri. Melainkan memanfaatkan kartu kredit atau VCC milik orang lain (dalam konteks ini milik orang luar negeri sebagai target).

Tapi belum sempat belajar ke tahap yang lebih tinggi lagi, entah kenapa di hati ini timbul rasa males yang sangat berlebihan disertai dengan pikiran yang bersifat positif. Di pikiran dan hati saya tersebut sering muncul pertanyaan-pertanyaan yang melahirkan aura positif untuk berhenti mempelajarinya.

Salah satunya adalah ketika timbul pertanyaan: "Bagaimana perasaanmu jika seandainya uang (saldo) yang dicuri itu adalah milik kamu sendiri? Apakah kamu tidak merasa eman dan benci sama orang yang mencurinya?". Nah, setelah muncul pertanyaan-pertanyaan seperti itu, Saya jadi sadar bahwa apa yang saya pelajari selama ini adalah hal yang tidak terpuji yang patut dibuang jauh-jauh.

Selain dari itu, ternyata ketika saya mempelajari lebih dalam lagi, bahasa pemrogramannya tidak sesuai dengan otak Saya. Bahasa atau perintah-perintah yang ada didalamnya terlalu rumit untuk dikuasai dan dipelajari. IQ saya terlalu rendah untuk mengimbanginya.

Namun meski saya benar-benar berhenti untuk mempelajari dunia hacking melalui smartphone Android, bukan berarti aplikasi Termux nya di uninstall dari perangkat saya. Tidak! Aplikasi tersebut dari dulu sampai sekarang masih tetap saya manfaatkan keberadaan dan fungsinya.

Dimanfaatkan untuk apa? Kalau dulu masih viral-viralnya internet gratisan XL dan Axis, saya gunakan sebagai alat untuk SSH Client. Tapi hanya sebentar keburu internet gratisnya benar-benar coid secara total. Jadi, Saya ini dulu pernah jualan Akun SSH juga loh Guys.

Sedangkan untuk yang sekarang, terkadang aplikasi Termux ini masih Saya gunakan sebagai alat untuk mengakses internet gratis yang digandeng dengan Psiphon.

Berikut Cara Meng-install Python 2 di Termux Beserta Cara Menggunakannya.

1). Pertama kalian install dulu aplikasi Termux melalui Play Store.

2). Kemudian jika sudah, sekarang buka aplikasinya lalu ketikkan perintah berikut:

pkg update && pkg upgrade lalu tekan enter (ingat dalam tahap ini data internet kalian harus aktif). Tunggu hingga proses update dan upgrade selesai diproses.

Internet Gratis menggunakan Aplikasi Termux

3). Selanjutnya ada kalimat "Do you want to continue? [Y/n]". Pada tahap ini silahkan ketikkan perintah Y lalu enter lagi untuk melanjutkan. Dan tunggu hingga sistem selesai memproses.

4). Kemudian jika muncul kalimat seperti ini *** sources.list (Y/I/N/O/D/Z) [default=N]? Maka ketikkan saja perintah Y atau N lalu Enter lagi.

(Kalau muncul kalimat seperti itu lagi, silahkan lakukan langkah yang sama dengan yang tadi, biasanya muncul sebanyak tiga kali).

5). Jika semuanya sudah di proses, sekarang ketikkan perintah pkg install python2 kemudian pilih Y dan enter lagi untuk melanjutkan. Lalu tunggu hingga proses penginstalan selesai.

6). Kalau muncul seperti gambar dibawah ini,  itu artinya penginstalan python2 berhasil di proses.

7). Selanjutnya ketikkan lagi perintah berikut: termux-setup-storage lalu tekan Enter. Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa Termux minta izin untuk mengakses foto, media, file diperangkat Anda. Pilih Izinkan

8). Jika sudah, sekarang ketikkan lagi perintah cd storage lalu enter. Kemudian ketikkan lagi perintah ls lalu tekan Enter lagi. 

Nah kalau muncul gambar seperti diatas, maka itu artinya Termux kalian berhasil menginstall Python 2 dan siap digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah diketahui oleh para pengguna Android kebanyakan.

Seperti misalnya digunakan untuk internet gratis, meretas Wi-Fi, buat akun SSH, jualan SSH, hacking dan lain-lain. Tapi itu semua membutuhkan script-script tertentu yang nantinya kalian panggil melalui aplikasi Termux ini.

Untuk info lebih lanjut beserta script-script yang dimaksud bisa kalian cari di Google. Disana banyak sekali script yang dibuat oleh para master sesuai dengan yang kita butuhkan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter