Kalau Mau Jadi Blogger Aktif, Jangan Pakai Internet Gratisan

Judul diatas bukan saya melarang teman-teman sesama Blogger menggunakan internet gratisan. Tidak! Bukan begitu maksudnya ya teman-teman. Tulisan ini hanya sebagai curhatan iseng belaka yang menurut Saya tidak ada faidahnya sama sekali.

Bahaya Internet Gratis

Tapi berhubung malam ini saya bingung mau nulis apa? Ya udah saya mau curhat tentang sisi negatifnya dari internet gratis yang menurut saya pribadi sangat tidak baik bagi perkembangan suatu Blog. Sekali lagi saya katakan, ini hanya menurut pemikiran saya, bukan menurut orang lain.

Dan tentu pemikiran saya ini setalah dikaji berulang kali memang ada benarnya juga. Karena setelah saya flashback, mundur kebelakang, ya iya masak kedepan. Mengingat-ingat kembali tentang perkembangan blog ini, ternyata status blog madurace.com lebih aktif sebelum Saya masuk ke dunia gretongan (internet gratisan).

Sebenarnya sebelum Saya terjun ke dunia Blogging, saya sendiri pernah mencicipi manisnya internet gratisan dari kartu XL tanpa disengaja. Tanpa disengaja disini maksudnya tanpa ada niat untuk mencari celah/bug dari operator-operator tertentu.

Pada waktu itu kalau tidak salah antara sekitar tahun 2009-2010. Dimana saya iseng-iseng buka Google menggunakan HP jenis Symbian merk Nokia E63 dengan mengetik keyword "proxy dan port".

Saya mengetik kata kunci demikian karena di pengaturan/setting HP Nokia tersebut dibagian menu Connection ada kolom proxy dan port-nya yang tidak ada isinya (kosong). Sedangkan dibagian name dan APN sudah terisi XLGPRS dan Internet. Jadi saya penasaran tentang kedua kolom tersebut mau diisi apaan?

Setelah saya buka Google akhirnya muncul situs-situs yang berhubungan dengan proxy dan port tadi yang semuanya menggunakan bahasa Inggris (Hem, tambah bingung nih).

Ya udah saya buka situs yang ada diperingkat pertama. Setelah saya buka situsnya ternyata disana sudah banyak alamat proxy dan port yang berasal dari berbagai dunia. Tanpa pikir panjang saya memilih yang berasal dari negara Iran dan saya masukkan di pengaturan. Kemudian saya biarkan disana tanpa mengutak-atik lagi dan tanpa mengetes hasilnya gimana?

Karena pada kala itu bukan saya ingin mencari trik internet gratis, hanya sekedar ingin tahu kolom proxy dan port itu mau diisi apa? Itu saja tujuan saya. Jadi setelah saya masukkan keduanya saya tinggalkan begitu saja tanpa melihat hasilnya gimana?

Namun keanehan terjadi setelah beberapa Minggu kemudian. Dimana pada waktu itu seharusnya saya beli paket mingguan lagi, malah saya lupa tidak membeli paketnya. Dan saya pun sangat heran sekali atas kejadian yang tidak pernah saya alami ini. Karena selain tidak punyak paket, pulsa tetap tidak berkurang dan hampir setiap malam saya download video bokep di situs waptrik (Hem buka kartu jadi malu nih).

Singkat cerita, setelah kurang lebih satu tahun mengakses internet gratis XL, akhirnya saya apes juga gara-gara keteledoran saya sendiri. Dimana pada waktu itu, kartu yang saya gunakan untuk mengakses internet gratis itu saya pindahkan ke HP milik Teman.

Alasan pengalihan kartu tersebut karena ponselnya tidak muncul sinyal. Jadi untuk mengetahui letak kesalahannya dimana? Apakah murni dari HP nya atau dari kartunya? Saya berinisiatif untuk melakukan pergantian kartu di hp yang bersangkutan.

Ternyata setelah kartu saya dimasukkan, sinyalnya muncul secara normal dan tidak ada masalah sama sekali. Saya coba cek akses internet disana juga tidak ada masalah.

Namun masalah muncul terjadi ketika kartu tersebut dikembalikan lagi ke HP saya. Setelah saya cek pulsa, malah pulsanya terpotong. Kemudian, saya buru-buru mencoba akses internet beberapa menit saja, lalu saya langsung cek pulsa lagi, dan Alhamdulillah ternyata pulsa saya benar-benar terkuras habis.

Sejak kejadian itu, saya sangat menyesal dan sering kepikiran terus hingga berminggu-minggu. Bahkan sampai sekarang rasa penyesalan tersebut masih ada kalau saya mengingat-ingat kembali masa itu.

Dan satu hal lagi yang bikin saya menyesal dan merasa eman hingga saat ini yaitu situs penyedia proxy dan port yang saya ambil tadi itu tidak diingat alamatnya. Coba kalau sekarang, sudah saya masukkan ke Bookmark situs tersebut.

Kemudian......!!!! Lanjutnya ya ceritanya, mumpung mata masih bisa diajak kompromi nih.

Kemudian kalau tidak salah sekitar tahun 2011-2012 saya mencoba buat Blog atas saran dari teman. Dan Alhamdulillah saya berhasil membuatnya, tapi tidak ada artikelnya, saya cuma fokus pada pernak-pernik tampilan templatenya saja. Sedangkan untuk urusan konten, saya tidak kepikiran sama sekali untuk membuatnya. Karena selain saya tidak bisa menulis, saya juga bingung yang mau dibahas apa? Jadinya keberadaan blog menjadi terbengkalai.

Baru pertengahan tahun 2015 saya mencoba buat lagi, dan berusaha agar blog yang dibuat itu ada isinya. Niat saya sudah bulat, mau tidak mau saya harus bisa menulis artikel sesuai kemampuan saya. Urusan kontennya bagus atau berantakan, tak jadi masalah. Yang penting saya bisa menghasilkan artikel yang bisa mengisi kekosongan blog.

Akhirnya setelah beberapa bulan ngeblog, artikel yang saya tulis lumayan banyak dan dapat visitor organik juga. Saya kira hanya blog-blog yang mempunyai konten yang berkualitas saja yang mendatangkan pengunjung istimewa dari Google, gak tahunya blog yang isi artikelnya acak-acakan juga dapat.

Biasanya di awal-awal ngeblog, saya menulis bisa menghasilkan 1 atau 2 artikel dalam seminggu. Kemudian awal 2016 saya agak mulai ngebut nulisnya, yaitu bisa merampungkan 3 artikel perminggu. Dan tidak terasa pengunjung blog sudah dapat 2 ribu pengunjung organik perhari. Kalau dilihat dari laporan Dashboard Blog, penayangannya 4 sampai 5 ribu perhari.

Namun di pertengahan 2016 hati saya mendua. Yang awalnya hati saya fokus ngeblog, kini separuhnya malah masuk ke dunia gretongan (internet gratisan).

Nah sejak saat itulah jiwa penulis saya mulai berkurang. Yang awalnya bisa mengupdate artikel perminggu tidak kurang dari 2 postingan, malah berubah menjadi 2 buah artikel perbulan. Bahkan sampai lebih dari satu bulan kadang saya gak sempat update.

Apa penyebabnya? Ya penyebabnya tidak lain karena mempunyai internet gratisan. Sehingga setiap kali saya buka HP, disaat itu pula keinginan saya untuk menonton video streaming memuncak. Entah itu di YouTube, Facebook, TikTok, di situs-situs movie dan lain sebagainya. Lain lagi di situs Por... Hem, itu sebelum saya masih belum punya istri guys... Kalau Sekarang mah sudah insaf,,

Penyakit males untuk menulis artikel tersebut baru sembuh awal bulan Desember 2020 kemaren. Itupun saya mulai semangat nulis lagi karena CPC Adsense di obral sama Google, sehingga saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu. Kan lumayan hasilnya, bisa naik sampai tiga kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya.

Jadi bagi teman-teman yang betul-betul ingin menjadi Blogger aktif, kalau bisa, mendingan tidak usah menggunakan internet gratisan, takutnya kena penyakit males. Beneran deh, kalau sudah terkontaminasi oleh internet gratisan, yang mau menulis artikel itu rasanya males banget. Pinginnya cuma mau nonton video streaming terosss.

Tapi itu semua tergantung orangnya, beda kepala beda otak, beda hati beda nyali.

Sumber Gambar: www.hellosehat.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter