Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP VIVO Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Di era yang serba digital sekarang ini, Menyembunyikan aplikasi smartphone itu sangat penting untuk diterapkan. Karena selain menjaga privasi dari jangkauan orang lain, Ia juga bertujuan untuk menghindari dari jangkauan anak-anak. Terutama bagi anak-anak yang masih dibawah umur.

Mungkin kita sudah pada tahu semua bahwa anak-anak zaman sekarang tingkat kecerdasannya sangat jauh berbeda dengan anak tempo dulu.

Kalau dulu, waktu saya masih duduk di Sekolah Dasar, dikampung Saya untuk bisa membaca dan menulis saja harus nunggu sampai kelas 4, 5 atau 6. Bahkan Saya pribadi bisa membaca ketika menjelang naik kelas 5.

Tapi kalau anak-anak sekarang, jangankan yang sudah bersekolah di SD, masih duduk di bangku TK saja sudah pintar main HP Android. Bahkan bukan cuma bisa membuka aplikasi-aplikasi penting saja tetapi juga bisa menginstal aplikasi sendiri melalui Play Store.

Dan yang lebih parahnya lagi, anak dibawah umur tersebut sekarang sudah mahir main game online. Sehingga orang tuanya merasa resah dan sering mengeluh akibat perbuatannya yang melampaui batas kebiasaan orang dewasa.

Bagaimana tidak mengeluh kalau paket internet yang dibelinya tidak sampai beberapa hari saja kuotanya sudah habis. Sedangkan orang tuanya hidupnya pas-pasan, yang mana mau membeli paket internet saja masih mikir-mikir dulu. Apakah uangnya mau dibeli paket internet atau mau digunakan untuk membeli rokok?

Itulah sebabnya kenapa menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu itu sangat penting diterapkan didalam ponsel. Karena memang manfaatnya sangat besar sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih bagi para pengguna yang suka berbuat serong dari pasangannya, wah itu hal yang sangat membantu banget agar perselingkuhannya berjalan mulus. Sehingga ketika HP yang bersangkutan dipegang oleh pasangannya tidak merasa deg-degan dan tidak merasa takut ketahuan.

Namun artikel ini Saya tidak merekomendasikan untuk hal-hal yang bersifat negatif melainkan hanya bertujuan untuk yang berbau-bau positif. Seperti misalnya mempunyai maksud agar tidak dijangkau oleh anak dibawah umur.

Sebenarnya menyembunyikan aplikasi di Android itu bukanlah hal yang baru melainkan konsep lama yang sudah ada sejak versi sistem Android masih tergolong lawas atau jadul.

Hanya saja di perangkat-perangkat Android yang sudah lawas tersebut fitur semacam ini tidak langsung disediakan oleh pihak pabrik melainkan harus memanfaatkan jasa dari aplikasi pihak ketiga. 

Tapi sayangnya menggunakan aplikasi pihak ketiga ini terdapat kekurangan yang menurut Saya kurang sreg dan tidak bertahan lama menyembunyikan didalamnya.

Salah satu kekurangannya adalah terlalu banyaknya iklan yang bermunculan dilayar ponsel ketika data internet diaktifkan. Selain dari itu, dapat menguras data penyimpanan internal dan RAM.

Kok bisa? Ya bisa! dulu kan spesifikasinya HP Android tidak setinggi seperti sekarang ini. Dulu hanya dibekali ruang penyimpanan internal hanya 8 GB dan RAM 500 MB. Jadi kalau meng-install beberapa aplikasi saja status memorinya sudah sering full.

Namun bukan berarti semua HP Android jadul tersebut tidak di support dengan fitur penyembunyian aplikasinya. Tidak! Disebagian HP Android merk Samsung ada juga fitur penyembunyiannya yang langsung tersedia dari pihak pabrik. Sehingga para pengguna waktu itu ketika ingin menyembunyikan aplikasi lain, Ia tidak harus meng-install aplikasi pihak ketiga lagi. Cukup mensetting pengaturannya maka aplikasi lenyap dari layar kita.

Sama halnya dengan HP Android masa kini, meski perangkat yang bersangkutan dibekali spek yang sangat tinggi, belum tentu didalam ponsel support akan fitur penyembunyian aplikasi tersebut. 

Karena Saya sendiri sudah melakukan survei diberbagai ponsel dari bermacam-macam merk tapi disana hasilnya sangat jarang sekali untuk menemukan fiturnya. Meskipun ada, itu hanya segelintir ponsel saja.

Salah satu perangkat Android yang support dengan penyembunyian aplikasi tersebut adalah HP VIVO Y15.

Berikut Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP VIVO agar keberadaannya tidak diketahui oleh orang lain.

1). Pertama silahkan buka Pengaturan Telpon.

2). Kemudian pilih Keamanan dan Privasi.

3). Setelah itu selanjutnya pilih Privasi dan Enkripsi Aplikasi

4). Kemudian yang terakhir pilih Sembunyikan Aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin disembunyikan sesuai dengan keinginan Anda dengan cara menggulir scroll yang sudah tersedia ke sebelah kanan hingga berwarna biru. Selesai. 

Setelah itu aplikasi langsung akan tersembunyi dibalik layar tanpa ada satupun orang yang mengetahuinya letak lokasinya ada disebelah mana kecuali orang yang telah melakukan pengaturan tadi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter