Cara Reset Ulang/Hard Reset HP OPPO F9

Jika di tinjau dari segi spek, ponsel Android merk OPPO F9 ini bisa dikatakan sebagai smartphone tingkat kelas menengah ke atas. Ia dibekali ruang penyimpanan Internal sebanyak 64 GB dan RAM 6 GB. Sedangkan untuk merk CPU dibekali Mediatek MT6771 Helio P60 dan prosesor inti menggunakan Octa Core (Eight Core).

Untuk Operasi Sistem (OS) OPPO F9 berjalan pada sistem Android versi 10. Dan dibekali kapasitas baterai yang tidak terlalu besar yaitu hanya bisa menampung daya sebanyak 3500 mAh.

Sebenarnya HP OPPO F9 ini ada dua versi yaitu versi biasa dan versi Pro. Namun demikian, cara meresetnya tidak ada perbedaan sama sekali. Keduanya cara penerapannya sama. Yang membedakan hanya terlatak pada casing dan spesifikasinya saja. Sedangkan yang lain tidak ada perbedaan yang mencolok.

Dan kebetulan dalam tutorial kali ini yang jadi alat peraganya adalah OPPO F9 yang berjalan pada Android versi 10. Bukan Android yang ada bawahnya yaitu versi 8.1 (Oreo).

Perlu diketahui bersama bahwa OPPO F9 yang awalnya berjalan pada sistem Android versi 8.1 (Oreo) bisa di upgrade ke versi 10. Dan kebetulan smartphone yang saya reset barusan tersebut kemungkinan besar sama pemiliknya sudah di upgrade ke versi 10. Karena setelah Saya cek di pengaturan telpon, ternyata disana sudah tercatat versi 10.

Berikut 2 Cara Melakukan Install Ulang di HP Oppo F9.

# Reset Dengan Menggunakan Recovery Mode.

1). Matikan dulu HP Oppo F9 kalian (usahakan sebelum melakukan peresetan daya baterai tidak minim alias tidak kurang dari 40%)

2). Jika sudah sekarang hidupkan lagi ponsel nya dengan menekan tombol Power bersamaan dengan Tombol Volume Bawah beberapa detik. Setelah layar HP sudah menampilkan (muncul Logo OPPO), segera lepas kedua tombol tersebut.

3). Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman baru yang berisi tentang pemilihan bahasa. Dalam tahap ini kalian pilih saja bahasa Inggris dengan cara mengklik layar ponsel.

4). Selanjutnya kalian akan masuk kedalam Recovery Mode. Dalam tahap ini, silahakn pilih Wipe Data.

5). Kemudian didalam Wipe Data ini ada dua pilihan yaitu Wipe Data dan Format Data. Pilih saja Format Data.

6). Setelah itu kalian akan mendapati notifikasi apakah kalian benar-benar ingin menghapus semua datanya atau mau membatalkan? Berhubung dari awal kita ingin Meresetnya, maka pilih saja yang Format.

Dan tunggu hingga proses peng-reset-an data berhasil di proses.

7). Jika semuanya sudah di proses, maka kalian akan dibawa lagi ke Halaman Recovery Mode seperti semula. Tugas kalian disini pilih Saja Reboot.

8). Selesai.

# Reset Langsungnya Melalui pengaturan telpon.

1). Pertama silahkan kalian masuk ke Pengaturan Telpon.
2). Kemudian pilih Pengaturan Tambahan.
3). Lalu Cadangkan Dan Reset
4). Kemudian Reset Ke Setelan Pabrik.
5). Selanjutnya disana kalian tinggal pilih jenis file apa saja yang ingin dihapus? Jika hanya ingin mengembalikan ke pengaturan pabrik, maka pilih saja Reset Pengaturan Sistem.

Namun apabila hanya ingin menghapus aplikasi-aplikasi pihak ketiga, maka pilih saja Hapus Aplikasi Terunduh dan Datanya.

Akan tetapi jika kalian ingin menghapus semua data tanpa terkecuali sampai ke akar-akarnya bahkan file-file yang tersembunyi dibalik layar ponsel yang statusnya tidak diketahui sama sekali oleh kalian, maka pilih saja Hapus Semua Data. Selesai

Setelah melakukan kedua metode peresetan diatas, maka HP kalian ketika di operasikan akan terasa lebih enteng (ringan) bak baru keluar dari pabrik atau persis seperti HP yang baru beli dari Toko.

Catatan Penting:
- Jangan lupa sebelum melakukan reset ulang, Usahakan data-data yang dianggap penting di backup dulu ke tempat yang paling aman. Karena kalau hal itu dibiarkan, data-data tersebut akan terhapus semua tanpa meninggalkan jejak sedikitpun.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter