Cara Hard Reset HP Samsung A20e Sekaligus Untuk Membuka Kunci Yang Lupa Password

Smartphone Samsung A20E merupakan perangkat berbasis Android yang berjalan pada platform OS (Operasi Sistem) versi Android 9.0 (Pie), dan digadang-gadang bisa di upgrade ke versi yang diatasnya lagi yaitu Android 10, One UI 2.0.

Hard Reset, Install Ulang A20e

Samsung A20E sendiri dirilis pertama kali pada bulan April 2019 dan mempunyai spesifikasi yang sedang-sedang saja (standart).

Dimana untuk memori internalnya dibekali dengan ruang penyimpanan sebanyak 32 GB dan RAM 3 GB. Dan bisa support memori eksternal (micro-SD) diatas 512 GB. Serta dilengkapi dengan prosesor (CPU) Exynos 7884 (Octa-Core).

Jika ditinjau dari segi speknya, maka Samsung A20E bisa dikatakan sebagai smartphone yang lumayan mumpuni untuk kategori Gaming maupun Non-Gaming. Tapi kalau penggunanya benar-benar seorang gamer yang gila akan dunia gaming secara online, maka spek sebanyak itu menurut Saya pribadi masih kurang sempurna untuk diandalkan.

Namun demikian, sebagus dan sejelek apapun speknya kalau smartphone yang bersangkutan sudah terkunci akibat lupa password, maka itu semua tidak ada gunanya sama sekali. Karena jika perangkat yang bersangkutan tidak bisa di buka, otomatis keberadaannya akan menjadi sia-sia.

Jika sudah berada dalam posisi seperti ini, maka speknya sudah tidak diperhatikan lagi. Yang dipikirkan oleh mereka hanyalah bagaimana caranya agar smartphone Android yang lupa password itu tadi bisa dibuka tanpa harus keluar rumah melainkan bisa dilakukan dengan tangan kita sendiri.

Yang dimaksud keluar rumah disini tentu adalah dibawa ke tempat Service HP atau ke counter-counter terdekat. Yang mana untuk membukanya kita harus mengeluarkan biaya yang setimpal untuk membayar jasanya.

Maka dari itu, dalam artikel ini sedikit-banyak saya ingin berbagi ilmu tentang cara melakukan hard reset di HP Samsung A20E. Tujuannya adalah agar teman-teman yang kebetulan ponselnya mengalami masalah seperti Kinerja ponsel mulai menurun, Bootloop, sering macet, Restart sendiri, Force close, Lupa Password dan lain sebagainya bisa diatasi dengan cara Hard Reset ini. Sehingga nantinya kalian semua bisa langsung mempraktekkannya sendiri dirumah tanpa harus keluar rumah serta tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun tentunya.

Berikut langkah-langkahnya untuk melakukan reset ulang di HP Android Samsung A20e.

1). Pertama, biarkan layar ponselnya tetap menyala. (Jangan dimatikan ya).

2). Kemudian tekan tombol power bersamaan dengan tombol Volume bawah (pengecil suara) selama beberapa detik.

Jika layar ponselnya sudah mulai mati, maka segeralah lepas tombol volume bawahnya saja. Sedangkan tombol powernya tetap jangan dilepas. Dan sesegera mungkin ganti ke tombol volume atas yang ditekan.

3). Jika di layar HP muncul logo Samsung A20e (ada getaran), maka lepaslah kedua tombol yang ditekan tadi secara bersamaan. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman Recovery Mode.

4). Bila kalian sudah berada di dalam Recovery Mode, maka tugas kalian sekarang adalah menekan tombol Volume bawah ke menu WIPE DATA/Factory Reset. Lalu tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

5). Kemudian pilih menu Yes untuk melanjutkan. Lalu tekan lagi tombol Power untuk mengeksekusi.

6). Tunggu beberapa detik/menit hingga proses peresetan selesai. Jika dilayar ponsel (bagian bawah) muncul tulisan Wipe Data Completed, itu artinya kalian berhasil mereset ponselnya.

7). Dan sekarang yang terakhir pilih Reboot System Now.

Setelah itu ponsel akan melakukan Restart dan hidup normal kembali layaknya HP yang baru dibeli dari Toko. Serta semua setting akan kembali ke pengaturan pabrik. Dan kalau awalnya kondisi ponsel dalam keadaan terkunci, maka setelah di reset tadi, layar HP sudah tidak terkunci lagi.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter