Cara Internet Gratis Menggunakan Akun Softether SSTP

Kalau kita selama ini sering mengakses internet gratis menggunakan aplikasi VPN yang memakai akun tunnel SSH, SSL/TLS dan V2Ray, maka kali ini kita akan mencoba menggunakan akun Softether. Dimana Softether sendiri biasanya sering digunakan untuk mengakses internet melalui perangkat PC/Laptop.

Akun Softether, L2TP/IPsec Android

Baik itu digunakan sebagai alat penginjek untuk internet gratisan maupun untuk bermain gaming secara online. Sedangkan software atau tools yang dipakainya yang paling terkenal adalah proxifier, dan bitvise.

Menurut para Netizen yang gila akan dunia gaming, Softether VPN ini kecepatan internetnya melebihi kecepatan dari akun Tunnel yang lain semacam SSH, Shadowshock, Wireguard, SSL/TLS dan V2Ray.

Saya sendiri tidak tahu pasti apakah asumsi seperti itu benar atau tidak? Yang jelas setelah Saya mempraktekkannya memakai akun Softether ini, kecepatannya memang bisa diandalkan. 

Jadi, jika Saya tidak mempunyai akun SSH, SSL/TLS dan V2Ray yang bagus, maka sebagai alternatifnya Saya menggunakan VPN jenis Softether ini.

Tapi prinsip Saya, kecepatan internet gratisan itu tergantung dari FUP bug yang disediakan oleh operator. Apa itu FUP? FUP adalah kependekan dari Fair Usage Policy. Yang bisa diartikan sebagai kebijakan batas pemakaian wajar paket internet unlimited yang diberlakukan tiap-tiap provider. 

Selain dari itu, kualitas akun tunnel yang digunakannya juga mempengaruhi kecepatan internetnya.

Jadi, apapun nama akun tunnel yang digunakannya untuk mengakses internet secara gratis, jika kedua komponen penting diatas salah satunya mempunyai speed rendah, maka itu akan juga mempengaruhi kecepatan internetnya.

Semakin bagus kualitas akun tunnel yang digunakannya, maka speednya juga akan semakin kencang. Begitu pula sebaliknya, jika kualitas dari akun tersebut jelek (pasaran), maka kecepatan internetnya juga akan down.

Intinya, kecepatan dari internet gratisan itu bukan terletak pada nama jenis akun Tunnelnya melainkan terletak pada kualitas server dari akun tunnel itu sendiri. Apapun nama jenis Tunnelnya, entah itu Softether, SSH, V2Ray dan lain sebagainya kalau servernya jelek, maka secara otomatis kecepatannya pun juga akan jelek (lemot/lelet).

Namun yang jadi pertanyaannya sekarang adalah apakah bisa Softether ini digunakan pada smartphone Android? Tentu jawabannya adalah bisa. Karena Saya sendiri sampai artikel ini di publish, masih sering menggunakan Softether sebagai alat penginjek untuk mengakses internet secara gratis.

Tapi sebelum lanjut ke topik utama, perlu diketahui bersama bahwa akun Softether ini statusnya tidak sama dengan akun-akun tunnel yang lain. Kalau akun tunnel lain seperti SSH/SSL dan V2Ray misalnya, masa aktifnya bisa ditentukan dengan hitungan hari. Sebagai contoh misalnya masa aktifnya dikasih 3 hari, 5 hari, 7 hari, bahkan ada yang 30 hari.

Tetapi untuk akun Softether masa aktifnya bukan menerapkan sistem seperti itu melainkan menggunakan sistem kuota. Maksudnya setiap akun diberi space kuota sebanyak 10 GB sampai 15 GB.

Jika misalnya space kuota tersebut dihabiskan dalam kurun waktu 5 Jam, maka akun yang bersangkutan sudah tidak aktif lagi. Untuk menggunakan akun yang sama, pengguna harus membuat akunnya lagi.

Akan tetapi apabila space 10 GB tersebut masih belum terpakai semua, maka sisanya itu bisa digunakan hingga beberapa hari. Entah itu 5 hari, 7 hari, 10 hari, 15 hari bahkan bisa sampai sebulan. Itu semua tergantung pemakaian.

Jadi inti dari masa aktif akun Softether ini bukan ditentukan melalui perhitungan hari melainkan di tentukan dari habisnya space kuota yang tersedia tadi.

Berikut cara Internet gratis menggunakan Softether MS-SSTP di HP Android. 

Namun sebelum langsung menuju ke step by stepnya, kalian harus mempunyai akun Softether-nya dulu. Untuk membuat akunnya, kalian bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Akun Softether SSTP Untuk Game Online dan Internet Gratis

(anggap saja kalian sudah membuat akun Softether nya).

1). Pertama install dulu aplikasi yang bernama MS-SSTP VPN melalui Play Store.

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasi tersebut. Kemudian masukkan akun Softether yang kalian buat tadi ke kolom yang sudah ditentukan. Misalnya akun Softether yang kalian buat seperti gambar dibawah ini.

Rincian akunnya seperti ini:
Server = sg-game1.softether.co
Username = vpngame.com_dono
Password = 1
Expires =NEVER
Quota Limit = 10 GB

3). Jadi yang harus di isi oleh kalian di kolom aplikasi MS-SSTP nya adalah seperti dibawah ini:
- Remote_addr: nama bug.sg-game1.softether.co
Misalnya: instagram.com.sg-game1.softether.co
- Remote_Port = 443
- Remote_Username : vpngame.com_dono
- Remote_Password : 1
- Default : Diisi apa saja boleh.

Untuk lebih jelasnya cek gambar dibawah ini.

4). Jika kolomnya sudah diisi semua seperti langkah-langkah diatas, maka sekarang tinggal klik START untuk memulai.

Untuk melihat/mengecek konek atau tidaknya kalian tinggal cek diatas Bar. Jika disana muncul tanda kunci atau VPN, itu artinya konek. Namun jika diatas Bar tadi tidak muncul logo apapun, itu artinya Config yang kalian buat tadi tidak konek.

5). Selesai.

Catatan Penting:
Akun VPN yang dibuat tadi bukan hanya digunakan untuk mengakses internet melalui MS-SSTP (SSTP) saja melainkan juga bisa digunakan untuk L2TP/IPsec dan L2TPv3/IPsec.

Demikianlah Cara Internet Gratis Menggunakan Akun Softether di Aplikasi MS-SSTP. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan dan menambah koleksi aplikasi VPN di ponsel kita.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter