Cara Pointing DNS Dari Bug Internet Gratis

Domain Name System (DNS) adalah sistem untuk menyimpan informasi tentang host atau nama domain dalam bentuk database publik untuk didistribusikan ke jaringan komputer seperti internet.

Cara Pointing DNS

Ada banyak fungsi dan kegunaan dari Server Sistem Nama Domain ini. Dimana salah satunya adalah sebagai jantung yang memiliki peranan penting dalam aktivitas aksesibilitas internet. Seperti menyederhanakan nomor host numerik menjadi sebuah kata.

Sebenarnya DNS ini dalam bahasa sederhana (awam)nya bisa dikatakan sebagai alamat situs/website. Sedangkan dikalangan para Blogger atau pengelola web sendiri lebih dikenal dengan istilah Domain.

Namun dalam dunia gretongan, DNS ini lebih dikenal dengan sebutan Bug. Sebagai contoh misalnya bug dari kuota belajar kartu Axis dan Indosat yang masih work saat ini adalah ruangguru.com beserta subdomainnya.

Nah ruangguru.com ini sebenarnya DNS atau alamat web dari situs Ruang Guru. Dimana situs tersebut berisi konten yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Disana para pengunjung bisa belajar secara online sesuai dengan tingkat pendidikan yang di enyamnya. Entah itu dari pendidikan tingkat dasar maupun tingkat perguruan tinggi.

Dalam tutorial kali ini nama bug yang telah disebutkan tadi alamatnya akan diubah menjadi nama lain. Perubahan nama semacam ini oleh kalangan para master internet dikenal dengan istilah Pointing DNS.

Sebagai contoh misalnya bug dari kuota belajar (edukasi) dari kartu Indosat dan Axis yang awalnya bernama ruangguru.com bisa diubah alamatnya menjadi:
madurace.pointdns.pro.
axisnet.pointdns.pro
indosat.pointdns.pro

Atau bisa juga diubah menjadi nama kalian sendiri. Misalnya nama kalian Purnomo, maka nanti kalian bisa mengubah bug dari kuota Edukasi tadi menjadi seperti ini, purnomo.pointdns.pro.

Sebenarnya dulu sekitar tahun 2017 yang lalu, Saya pernah membuat artikel yang sama seperti yang sedang kalian baca ini. Hanya saja artikel tersebut judul yang dibuatnya bukan berhubungan dengan Pointing DNS melainkan bertajuk Cara Mengubah Squid Proxy Menjadi Nama Kita Sendiri.

Itu artinya proxy yang digunakan untuk mengakses internet gratis pada waktu itu diubah menjadi DNS atau domain. Tujuannya adalah agar ketika DNS tadi mau dimasukkan kedalam pengaturan remote proxy lebih mudah di ingat. Karena kalau kita tetap menggunakan proxy versi yang standart yang angkanya terdiri dari beberapa digit, maka kita merasa kesulitan untuk menghafalnya.

Perlu diketahui bersama bahwa internet gratisan yang dulu itu tidak semudah seperti sekarang ini. Kalau dulu, kita tidak cukup hanya bermodalkan bug-nya saja, tapi harus juga mempunyai yang namanya squid proxy. Jika tidak, maka aplikasi gretongannya tidak konek.

Kalau sekarang kan tidak! Cukup bermodalkan bug saja, maka kita bisa langsung memancalnya.

Berikut Cara Melakukan Pointing DNS.

1). Pertama sediakan dulu bug yang ingin di Pointing. Atau bahasa sederhananya adalah bug yang ingin diubah namanya.

Namun dalam tutorial ini, bug yang akan dijadikan alat peraganya adalah ruangguru.com.

2). Jika sudah ditentukan bugnya, sekarang convert dulu alamat situs tadi menjadi nomor IP. Caranya kalian buka link situs dibawah ini:
Host To IP

3). Bila sudah terbuka situsnya, sekarang masukkan alamat bug didalam form yang sudah tersedia. Kemudian klik Convert dan klik OK.
(Lihat Gambar)

4). Setelah itu, alamat bug yang kalian masukkan tadi berubah menjadi IP. Silahkan di copy nomor IP yang muncul tadi.

5). Jika IP nya sudah di salin/copy, langkah selanjutnya sekarang adalah masuk ketahap Pointing DNS. Caranya kalian tinggal klik link yang ada di bawah ini:
Point DNS

6). Kemudian isi form (kolom) yang sudah disediakan.

- Host Name : isi nama yang Anda Sukai
- IP Address: di isi dengan IP yang Anda salin tadi
- Domain: pilih sesuai dengan selera Anda

Jika sudah terisi semua, sekarang klik Create untuk mempointing bugnya.

7). Yang terakhir silahkan cek hasilnya tepat diatas kolom itu tadi. Berikut hasil Pointing yang dibuat dari tutorial yang sedang kita bahas bersama ini.

Nama bug yang awalnya bernama ruangguru.com, maka kini berubah menjadi madurace.com.pointdns.pro

Demikianlah tutorial cara Pointing DNS Bug Internet Gratis. Semoga dengan hadirnya artikel yang begitu sederhana ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat tentunya untuk kita semua.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter