Cara Reset/Install Ulang HP Samsung A10s

Samsung Galaxy A10s bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan HP murah terbaik dari Samsung. Sampai artikel ini di publish, harga Samsung A10s sekitar Rp 1,5 jutaan saja.

Samsung A10s mungkin bisa menjadi salah satu HP termurah di serinya, yakni Galaxy A Series. Meskipun harganya sangat terjangkau, namun spesifikasi yang diusungnya bisa dikatakan cukup bersaing dengan ponsel-ponsel yang lain. Terutama pada ponsel keluaran Cina yang notabene secara terus-menerus mengeluarkan seri terbarunya dengan harga yang sangat terjangkau demi menguasai pasar.

Mengacu pada situs resmi Samsung Indonesia, saat ini HP Samsung A10s dibanderol dengan harga Rp 1.549.000 saja. Dan itu menurut Saya harganya sangat terjangkau untuk sebuah HP keluaran Samsung.

Dengan harga seperti itu, tentunya spesifikasi Samsung A10s tidaklah begitu tinggi. Kapasitas RAMnya hanya dibekali 2GB dan memori internalnya sebanyak 32GB. Tapi jika pengguna masih kurang cukup dengan jumlah memori internal tersebut, maka Ia bisa menambahkannya dengan memori eksternal hingga 512GB.

Namun dalam artikel ini Saya tidak ingin membahas spek dari Samsung A10S sendiri lebih jauh lagi, karena tujuan Saya membuat konten ini hanya semata-mata untuk memberikan tutorial cara meresetnya saja. Bukan yang lain.

Dan kebetulan cara untuk melakukan install ulang dari perangkat yang bersangkutan untuk masuk kedalam Recovery Mode tidaklah sama dengan HP merk Samsung kebanyakan. Terutama pada ponsel-ponsel yang kini statusnya dianggap HP kentang oleh para Netizen masa kini.

Dimana pada HP Samsung yang sudah dianggap jadul tersebut, jika kita mau masuk kedalam Recovery Mode dengan tujuan untuk melakukan Hard Reset, maka yang pertama kali kita lakukan adalah mematikan perangkatnya dulu.

Kemudian dilanjutkan dengan menekan Tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Atas. Atau ada pula yang menggunakan metode lain yaitu dengan mengkombinasikan (menekan) Tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Atas plus Home secara bersamaan.

Tapi kalau Samsung yang era sekarang cara penerapannya beda banget dengan yang dulu. Dimana pengguna yang masih belum berpengalaman dengan metode terbaru ini, maka Ia akan menemukan kesulitan untuk mereset ponsel Samsung miliknya.

Namun sebelum kalian benar-benar ingin mereset HP Samsung A10S nya, ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui dan harus dipatuhi anjurannya. Hal itu bertujuan agar nanti ketika (setelah) kalian melakukan reset ulang tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut tiga hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan install ulang atau Hard Reset.

1). Usahakan Akun Gmail yang terdaftar didalam hp Samsung A10s status nya tidak tersinkron ke Google. Karena pada beberapa kasus, ponsel yang sudah berhasil direset terkadang pengguna disuruh memasukkan akun Gmail lama yang sudah tersinkron tadi.

Jika pengguna gagal memasukkan nya maka status ponsel tidak bisa masuk ke tampilan/layar utama.

Jadi, kalau kalian tidak ingat akan username dan password dari akun Gmail tersebut, maka alangkah baiknya di cek dulu akun Gmailnya, apakah statusnya tersinkronisasi atau tidak? Jika Iya, maka kalian bisa menon-aktifkan Gmail yang bersangkutan, untuk caranya bisa kalian cek artikel sebelumnya Cara Menonaktifkan Akun Gmail Yang Sudah Tersinkron.

Atau bisa juga kalian buat Email yang baru, kemudian tambahkan ke akun ponsel. Lalu hapus akun Gmail yang lama.

2). Usahakan kondisi daya baterai tidak kurang dari 50%. Karena pada saat ponsel sedang melakukan proses pengisntallan, sistem akan membutuhkan daya yang Ekstra.

Jadi jika isi daya batrainya dirasa minim, misalnya ada diangka 10%, maka alangkah baiknya di Cas dulu ponselnya biar nanti ketika proses penginstalan ulang sedang berjalan, HP akan tetap hidup dan tidak mengalami blank.

Karena jika pada tahap ini HP mengalami mati secara mendadak akibat kekurangan daya, maka bisa dipastikan kondisi ponsel akan mengalami masalah yang sangat serius dan tidak bisa digunakan kembali. Kecuali HP tersebut memang diperbaiki dengan mengeluarkan dana yang lumayan fantastis (mahal).

3). HP yang berhasil direset maka secara otomatis semua file yang ada didalamnya akan terhapus semua. Kecuali file-file yang statusnya murni bawaan dari pabrik. 

Jadi teman-teman sebelum melakukan Hard Reset, alangkah baiknya data yang dianggap penting di backup dulu. Siapa tahu saja suatu saat nanti filenya akan diperlukan lagi oleh kalian.

Jika kalian sudah membaca ketiga hal penting diatas, maka sekarang kalian boleh melakukan Hard Reset.berikut step by step cara mereset HP Samsung A10S.

1.Pertama, tekan tombol Daya selama beberapa detik. Jika nanti disana muncul dua pilihan silahkan pilih saja (ketuk) yang Restart dua kali.

2. Jika setelah HP dalam keadaan Restart/Reboot muncul logo SAMSUNG Galaxy, maka se segera mungkin tombol Volume Atas + Daya ditahan selama beberapa detik.

3. Jika halaman Recovery Modenya sudah muncul, maka tugas kalian sekarang adalah melepaskan kedua tombol itu tadi.

4. Dalam mode ini pilih wipe data/factory reset dengan menggunakan tombol Volume untuk menavigasi (pindah). Kemudian tekan tombol Daya untuk mengeksikusinya.

5. Selanjutnya pilih Yes dari menu dan klik tombol Power untuk mengeksekusi. Kemudian tunggu hingga HP Samsung A10 s benar-benar berhasil di proses.

6. Jika proses penginstalannya sudah beres, sekarang yang terakhir adalah memilih menu Reboot.

7. Setelah itu HP akan mengalami Reboot atau Restart. Selesai.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter