Cara Mengunci Pulsa XL Agar Tidak Terpotong Ketika Mengakses Internet di Luar Paket

Kunci Pulsa XL

Tidak di pungkiri lagi bahwa operator Telekomunikasi Kartu Seluler Indonesia sejak dari dulu sampai sekarang pelayanannya masih kurang sportif dalam menjaga keutuhan pulsa pelanggan.

Tidak sedikit pulsa milik pelanggan tiba-tiba mengalami pemotongan tanpa sepengetahuannya lantaran menghidupkan data internet. Baik itu di sengaja maupun tidak di sengaja. Padahal itu hanya sekedar mengaktifkan saja tidak sampai membuka atau mengakses aplikasi maupun situs.

Dan lebih parahnya lagi, kartu seluler yang sudah terdaftar dengan paket flash/reguler sekalipun jika disana ada pulsanya, maka pulsa tersebut secara lambat-laun namun pasti juga mengalami hal yang sama. Hanya saja dalam konteks ini, pemotongan pulsanya tidak terlalu barbar layaknya kartu yang tidak didaftarkan paket.

Tentu dengan adanya pemotongan secara sepihak seperti ini, pelanggan merasa sangat dirugikan dan kecewa mengingat Ia sendiri tidak melakukan apa-apa. Kecuali hanya menghidupkan data seluler saja.

Namun apa dikata, semua sudah jadi bubur. Pulsa yang sudah di potong tidak akan dikembalikan lagi. Semua telah dibabat habis tanpa pandang bulu.

Pihak operator tidak memikirkan apakah nomor yang diambil pulsanya tersebut seorang yang berduit atau bukan. Yang terpenting disana ada mangsa (pulsa) yang cukup, setelah itu langsung sikat.

Akan tetapi saat ini ada dua operator kartu seluler yang beroperasi di Indonesia membuat terobosan terbaru yang diberi nama Lock Button.

Fitur Lock Button ini berfungsi untuk mengunci pulsa agar tidak terpotong secara sepihak oleh operator ketika pelanggan mengaktifkan data seluler baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja.

Sehingga dengan adanya fitur semacam ini pulsa akan terasa aman ketika pelanggan mengakses internet. Terlebih bagi kartu yang tidak terdaftar di salah satu paket apapun.

Selain dari itu, Lock Button juga berfungsi untuk mengunci pulsa dari SMS yang mengandung konten-konten tertentu yang statusnya bertujuan untuk memalak pulsa pelanggan tanpa sepengetahuan pengguna.

Adapun dua operator seluler yang menyediakan fitur Lock Button tersebut diantaranya adalah kartu Axis dan XL.

Untuk kartu Axis, fitur pengunci pulsa ini sudah diterapkan 3 tahun yang silam. Kalau tidak salah pertama kali di luncurkan pada akhir 2019 sekitar bulan September sampai Desember 2019 (Lebih tepatnya Saya lupa bulan berapa). Yang jelas Saya pernah membuatkan tutorialnya di blog ini.

Sedangkan untuk kartu XL sendiri, Lock Button (pengunci pulsa) baru muncul di tahun 2021 sekarang ini. Dan fitur yang tersedia didalamnya antara lain adalah penguncian data internet, SMS berlangganan, dan SMS Banking.

Penguncian data berfungsi untuk menghindari pulsa terpotong karena penggunaan internet di luar paket.

SMS berlangganan berfungsi untuk menghindari pulsa terpotong karena adanya layanan SMS berlangganan atau konten-konten tertentu terdaftar secara disengaja maupun yang tidak disengaja.

Sedangkan SMS Banking bertujuan untuk menghindari pemotongan pulsa karena adanya transaksi melalui SMS Banking.

Berikut Cara Mengunci Pulsa XL Agar Tidak Terpotong dari Layanan Internet dan SMS.

1). Pertama buka aplikasi MyXL. Yang tidak punya silahkan download/install melalui Play Store. Dan masukkan/Daftarkan nomor yang ingin dikunci pulsanya.

2). Jika sudah masuk dihalaman utama, sekarang pilih menu Profil yang letaknya ada di sebelah kanan bawah.

3). Selanjutnya pilih fitur Kontrol Pulsa

4). Kemudian pilih layanan yang ingin dikunci (lebih baik ketiga-tiganya dipilih semua). Lalu scrollnya gulir kesebelah kanan untuk mengaktifkan hingga berwarna biru.

5). Selesai.

Setelah Anda mengaktifkan fitur pengunci pulsa dari beberapa layanan tadi, maka pulsa Anda kini terasa lebih aman dari pemalakan secara sepihak. Baik itu dari segi layanan internet yang dari luar paket maupun dari SMS langganan (konten).

Demikianlah tutorial yang Kami sampaikan tentang menghindari pemalakan pulsa dari operator XL. Semoga dengan hadirnya artikel yang sederhana ini, dapat menambah wawasan dan bermanfaat tentunya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter