Cara Mengganti Bahasa Foxid Reader Yang Berbahasa Rusia Ke Bahasa Inggris

Foxid Reader adalah salah satu software yang berfungsi sebagai pembaca sebuah file berbasis PDF. Selain dari itu, perangkat lunak tersebut juga bisa digunakan sebagai pencetak/pembuat PDF secara Multilingual. Artinya bisa digunakan dengan berbagai (banyak) bahasa.

Sebenarnya Saya sendiri pertama kali menggunakan software yang bermarkas di FremontAmerika Serikat ini, masih dikatakan sebagai user baru. Karena Saya mengenal dan mengoperasikannya sekitar bulan November 2021 kemaren. Itupun secara tidak sengaja.

Awal mula perkenalan Saya dengan sofware yang serba fungsi ini adalah ketika laptop Saya di install ulang oleh salah satu teman dengan sukarela. Sebenarnya laptop yang dimaksud tidak mengalami masalah apa-apa sih, Cuma ketika laptop mau di hidupkan atau mau dimatikan loadingnya terasa banget beratnya.

Maka dari itu, temanku tersebut manyarankan sambil menawarkan jasanya secara sukarela agar perangkat yang sedang saya gunakan untuk menulis artikel yang kalian baca ini di install ulang. Ya udah, tanpa basa-basi panjang akhirnya Saya menyetujuinya. Dan Laptop dibawa kerumahnya.

Esok harinya, setelah Laptop berhasil di install, Saya coba menghidupkan laptop tersebut untuk mengetahui tingkat loadingnya seperti apa? Ternyata setelah dinyalakan, hasilnya benar-benar luar biasa. Loadingnya tidak membuat Saya capek nunggunya. Hanya beberapa detik saja tampilan layar sudah menampilkan windows utama.

Selain dari itu, ketika laptop di operasikan rasanya multitaskingnya benar-benar enteng. Tidak seperti sebelumnya yang kinerjanya sangat terasa sekali lemotnya. Seolah-olah laptop sedang memikul beban yang sangat berat.

Singkat cerita, akhirnya saya melihat software terbaru yang bernama Foxid Reader terpampang di layar utama. Saya sendiri awalnya tidak tahu perangkat lunak tersebut fungsinya untuk apa? Iseng-iseng dengan rasa penasaran Saya mencoba untuk membukanya, ternyata setelah dibuka software tersebut berfungsi untuk membuka dan membuat dokumen yang berhubungan dengan file PDF.

Tapi lama-lama Saya merasa kebingungan juga untuk mengoperasikan Foxid Reader ini secara penuh, karena disana masih menggunakan bahasa bawaan/default. Dan kebetulan bahasa bawaannya bukanlah memakai bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia, melainkan menggunakan bahasa yang tidak Saya ketahui sebelumnya. Kemungkinan besar bahasa tersebut adalah Bahasa Rusia.

Dimana bahasa tersebut sangat sulit untuk dibaca apalagi dipahami. Jangankan mau dibaca, mau di eja saja rumitnya minta ampun. Kalau tulisannya semraut kayak gitu mau dibaca gimana coba!

Akhirnya tanpa pikir panjang Saya coba buka Google untuk mencari pengaturan bahasanya, tapi disana Saya tidak menemukan solusinya. Karena disana sangat minim pemilik situs yang membahasnya.

Ada sih salah satu situs yang membahas tentang masalah ini, Cuma didalam tutorialnya si empunya situs tidak menampilkan alat pendukung seperti gambar/screenshot dari Foxit Reader itu sendiri, sehingga sangat membingungkan pembaca.

Selain dari itu, penulis juga tidak memberikan arahan yang jelas. Step by stepnya ngaur tidak dijelaskan yang di klik pertama kali itu menu yang mana, kemudian selanjunya pilih yang mana. Pokoknya postingannya itu tidak memberikan solusi yang memuaskan bagi para pembaca.

Setelah saya googling tidak menemukan artikel yang memuaskan, Saya memutuskan untuk mencari sendiri jalan keluarnya dengan cara mengeklik satu-persatu (ngaur) seluruh menu yang ada Foxid Reader.

Singkat cerita, setelah sekian lama mengacak-acak software tersebut akhirnya ketemu juga pengaturan bahasanya. Dan Saya bisa mengubah bahasanya kedalam bahasa Inggris. Tapi sayangnya, kayaknya disana memang tidak tersedia bahasa Indonesia.

Berikut langkah-langkah cara mengubah pengaturan bahasa di aplikasi Foxid Reader dari bahasa Rusia ke Bahasa Inggris.

1). Pertama buka dulu program/softawre Foxid Reader.

2). Jika sudah sekarang klik menu (ФАЙЛ) letaknya ada di pojok kiri atas.

Bahasa Rusia ke Bahasa Inggris

3). Kemudian, berhubung pada tahap 3 ini ada perbedaan versi software antara versi yang satu dengan yang lainnya, maka untuk tahap ini penulisan kata bahasanya juga berbeda-beda pula. Maka dari itu, Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan bahasa/tulisan yang ada didalam Foxid Readernya. Yang terpenting pilih sesuai dengan urutan seperti gambar dibawah ini.

4). Jika sudah, maka nanti Anda akan dibawa ke jendela baru. Setelah muncul halamannya silahkan gulir kebawah dan cari kata/tulisan persis seperti yang ada didalam kurung (Языки).

5). Selanjutnya pada bagian Languages (Restarting Aplication is recommended after changing language) silahkan pilih Use System local Language(s). Lalu cari atau pilih bahasa English setelah itu klik OK.

6). Kemudian yang terakhir pilih tombol submit yang paling kiri (seperti gambar dibawah ini) setelah itu Restart Laptop Anda.

7). Selesai.

Catatan penting:

Meski tiap-tiap versi software pengaturan bahasanya tidak sama, itu tidak masalah. Yang terpenting Anda mengikuti step by stepnya sesuai gambar. Intinya disini Anda lebih fokus pada gambarnya saja dibandingkan dengan teksnya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter