Cara Mengatasi USB HP VIVO Tidak Terhubung Ke PC/Laptop

Kita semua sudah tahu bahwa yang namanya USB (Universal Serial Bus) adalah alat untuk menghubungkan sebuah perangkat lain ke dalam Komputer atau Laptop. Namun yang paling familiar dan sering digunakan oleh user, USB dipakai sebagai alat perantara penghubung antara ponsel ke PC/Laptop.

Seingat Saya, dulu sebelum munculnya internet dan smartphone canggih yang beredar seperti sekarang ini, penyebutan USB masih belum familiar di telinga kita. Orang-orang lebih banyak dan lebih gampang menyebutnya dengan nama “Kabel Data”. Bahkan Saya pribadi juga menyebutnya demikian.

Tapi entah kenapa sejak munculnya internet dan smartphone-smartphone dari berbagai sistem dan merk, kata-kata “Kabel Data” itu tadi sedikit demi sedikit dengan bergulirnya waktu mulai kabur bak di telan Bumi. Penyebutan Kabel Data seolah-olah betul-betul punah dan diganti dengan sebutan USB.

Namun demikian, meski penyebutannya berbeda toh yang penting fungsinya tetap sama dan tidak berubah sedikitpun. Yang terpenting kan disini tujuan dan hasilnya! Bukan dari segi penyebutannya.

Orang yang ingin menggunakan USB atau Kabel Data tentu tujuannya ingin menghubungkan perangkatnya ke dalam komputer/PC. Entah itu mau memindahkan file-file penting dari HP ke PC/Laptop atau sebaliknya. Misalnya seperti ingin memindahkan foto, gambar, musik, video, software, apk, serta mau melakukan flash ulang/bypass berbagai smartphone dan lain sebagainya.

Namun dibeberapa kasus, tujuan tersebut terkadang mengalami masalah yang sepele yang tidak pernah terkira sebelumnya. Seperti contoh misalnya yang paling sering terjadi adalah file yang ada didalam perangkat lain tidak terbaca meski USB sudah berhasil terhubung ke PC/Laptop.

Dan adapula kasus dimana ketika USB dihubungkan ke PC/Laptop, USB tersebut tidak konek ke dalam Komputer. Yang terhubung hanyalah pengisian daya batrainya saja sedangkan diluar itu semuanya tidak berhasil konek. Dan muncul notifikasi dilayar PC/Laptop bahwa USB mengalami error dan semacamnya.

USB ERROR tidak terbaca di laptop

Hal semacam ini menurut pengalaman Saya sering terjadi pada Smatphone Android merk VIVO yang masih belum pernah sama sekali dihubungkan ke PC/Laptop. Pokoknya hampir semua HP VIVO yang penah Saya hubungkan ke Laptop mengalami hal yang sama.

Hal tesebut tidak lain karena pihak pabrik tidak langsung mengaktifkan pengaturannya seperti ponsel-ponsel merk Android lain kebanyakan.

Jika ponsel Android mek lain, biasanya ketika USB dihubungkan ke PC/Laptop, maka USB tersebut langsung terbaca dan pengguna bisa melakukan apa yang diinginkan. Entah itu mau memindahkan file atau ingin melakukan bypass terhadap ponsel yang bersangkutan.

Lantas bagaimana caranya agar USB dari HP Vivo tersebut juga bisa bekerja seperti milik ponsel-ponsel yang lain?

Berikut langkah-langkah mengatasi ponsel VIVO yang tidak bisa masuk ke Laptop/PC.

1). Pertama Anda buka Pengaturan Telpon.

2). Kemudian pilih Pengelola Sistem.

3). Selanjutnya gulir kebawah dan pilih Opsi Developer.

4). Setelah itu pada Opsi Pengembang ceklistnya digulir kekanan untuk mengaktifkannya. Lalu klik OK.

5). Selanjutnya pada halaman yang sama scroll lagi layar ponselnya kebawah dan pada Debugging USB aktifkan pengaturannya dengan cara menscroll/menggulir kesebelah kanan. Kemudian klik OK untuk melanjutkan mengaktifkannya.

6). Setelah itu, jika step by step diatas sudah dilakukan semua, sekarang silahkan Anda keluar dari pengaturan kemudian colokkan HP VIVO Anda ke PC/Laptop dengan menggunakan USB.

7). Jika ponselnya sudah berhasil terhubung ke Laptop, tapi ponsel belum terbaca juga dan hanya berfungsi mengisi daya Batrai saja, maka tugas Anda sekarang adalah silahkan gulir BAR ponselnya kemudian jika tampil  USB Terhubung pilih menu FILE.

8). Setelah itu yang awalnya status ponsel hanya mengisi daya saja akan berubah menjadi semua file akan terbaca kedalam Laptop/PC. Selesai....

Related Posts

Subscribe Our Newsletter