Cara Mengatasi DANA Gagal Transfer Karena Sistem Sedang Sibuk

Penyebab Akun DANA Tidak Bisa Transfer

DANA merupakan salah satu E-wallet (Dompet Digital) yang paling banyak diminati oleh para warganet Indonesia. DANA sendiri memang didirikan oleh orang Indonesia Tulen dan berbasis di Jakarta. Sehingga tidak mengherankan jika e-Wallet tersebut menjadi alat pembayaran digital yang paling populer di negerinya sendiri.

Terlebih DANA sendiri sudah terdaftar di Bank Indonesia dengan memiliki empat lisensi. Diantaranya adalah sebagai uang elektronik, kirim uang, dompet digital, serta Likuiditas Keuangan Digital. Selain dari itu DANA juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga memungkinkan data pengguna dijamin keamanannya.

Menurut pengamatan saya, yang membuat DANA sangat di gemari oleh orang Indonesia adalah cara membuat akunnya yang sangat simpel. Tidak bertele-tele. Syarat untuk mendaftarnya Cuma bermodalkan nomor ponsel yang masih aktif. Setelah itu akun sudah berhasil dibuat dan siap digunakan untuk bertransaksi.

Selain dari itu, cara pengoperasiannya pun juga sangat praktis dan sangat mudah sekali dilakukan oleh para penggunanya. Sehingga ketika pengguna ingin melakukan transaksi tidak akan mengalami kesulitan sama sekali.

Pokoknya dengan kehadirannya DANA membuat kita semakin mudah bertransaksi di non-tunai tanpa harus repot-repot pergi ke kantor Bank untuk membuat nomor rekening dan kartu ATM.

Cukup bermodalkan nomor ponsel dan HP Android saja maka kita seolah-olah sudah mempunyai segala alat transaksi yang berlaku di Bank yang mempunyai fungsi yang hampir sama pula.

Misalnya bisa transfer saldo ke seluruh Bank lokal Indonesia, beli pulsa, beli paket data internet, game, bayar cicilan, bayar tagihan seperti Listrik, Air, BPJS, Asuransi dan lain sebagainya.

Namun dibalik semua itu, bukan berarti DANA menjadi alat transaksi yang benar-benar sempurna. Di sisi lain ada juga celah yang bisa menghambat pengguna untuk melakukan transaksi secara normal. Salah satunya yaitu kesalahan sistem dari segi pentransferan.

Kesalahan semacam ini biasanya sering terjadi ketika pengguna ingin melakukan transaksi ke sesama DANA. Sehingga uang atau saldo yang mau di transfer gagal terkirim. Bahkan mau dikirim lewat dana kaget (DAGET) pun juga mengalami hal yang sama.

Menurut pengalaman saya pribadi, ketika kita memasuki fase error semacam ini, didalam aplikasi muncul pemberitahuan/notifikasi bahwa “Sistem Sedang Sibuk”.

Tapi sibuknya ini bukan hanya terjadi dalam hitungan menit atau jam saja melainkan sampai berhari-hari. Bahkan kalau saya seandainya hanya menunggu saja (berharap sistem normal) kembali, sampai kapanpun kemungkinan besar notifikasi seperti itu akan terus muncul.

Berhubung saya orangnya gak sabaran dan kebetulan dalam waktu dekat uangnya sangat dibutuhkan, maka saya coba buka Google dan Youtube untuk mencari solusinya. Disana saya buka beberapa situs dan channel tapi tutorialnya isinya hampir sama semua.

Yaitu disuruh melakukan penghapusan data dan cache pada penyimpanan aplikasi, kemudian kalau gagal di suruh update/perbarui aplikasi ke versi terbarunya. Dan adapula yang menyuruh agar ketika membuka aplikasi DANA koneksi internetnya harus stabil (tidak lemot).

Lantas apakah setelah saya mengikuti langkah-langkah diatas berhasil mengatasinya? Tidak! Semua situs dan channel yang saya buka tadi tidak memberika solusi pada apliaksi DANA yang error tersebut.

Ternyata setelah Saya coba satu persatu akun DANA yang saya miliki di masing-masing perangkat, Penyebab utamanya bukan dari aplikasi yang sudah lawas yang tidak diperbarui atau bukan juga dari masalah koneks internetnya melainkan dari smartphone itu sendiri.

Lah kok bisa kendalanya berasal dari smartphone? Kok gak nyambung banget! Saya sendiri juga tidak tahu alasannya. Namun yang jelas rata-rata akun DANA yang mengalami “Sistem Sedang Sibuk” tersebut terjadi pada HP yang menggunaktan sistem Android dibawah 9.

Misalnya ponsel yang mempunyai versi Android 8, 7, 6, dan 5. Diatas dari itu, kemungkinan besar mau transfer kemanapun bisa dan lancer-lancar saja tanpa ada kendala sedikitpun.

Lantas solusinya bagaimana? Ya solusinya adalah Anda bisa pinjam/login dengan HP lain yang didalamnya sudah menggunakan sistem Android versi 9 keatas. Misalnya versi 10, 11, 12 dan seterusnya.

Tips seperti itu sudah Saya praktekkan 100% berhasil ketika akun DANA saya mengalami “sistem sedang sibuk”. Dan kebetulan Saya mempunyai lebih dari 8 akun DANA yang masing-masing saya pakai di 6 perangkat yang berbeda. 4 diantaranya menggunakan Android versi 9 kebawah dan duanya lagi sudah versi 10 dan 11.

(mungkin di hati teman-teman ada yang bertanya? Akun DANA dan HP yang dimilikinya kok lumayan banyak? Kira-kira buat apaan tuh! Jawabannya tentu buat nuyul aplikasi-aplikasi tertentu yang didalamnya dapat menghasilkan uang)

Jadi bagi Anda yang mengalami kegagalan dalam bertransaksi di DANA gara-gara ada kesalahan sistem sedang sibuk, Maka saya sarankan sekali lagi, cobalah transfer dari HP Lain yang mempunyai sistem Android diatas 9. Atau minimal berjalan pada versi 9.

 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter