.

.

Cara Membuat Hp Android Menjadi Remote TV


Madurace.com - Cara Membuat Remote TV Menggunakan Ponsel Android. Tidak heran jika Smartphone yang ber Operasi System Android yang di luncurkan oleh Google menjadi sebuah Smartphone yang sangat di minati oleh para penggila gadget seluruh dunia. Selain dari segi source code yang bisa di oprek sesuka hati oleh para pengguna, dari segi multi fungsi dan Aplikasi juga jadi alasan kenapa pengguna sangat suka terhadap ponsel pintar yang berlogo robot hijau ini. Salah satu yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat di jadikan remote TV.

Bila ada di antara kalian yang mengalami masalah atau kerusakan terhadap remote TV yang anda miliki maka anda tidak usah repot-repot beli yang baru. Cukup manfaatkan smartphone android yang anda miliki dengan cara merubah ponsel android tersebut menjadi sebuah remote TV. Dengan menggunakan android, anda dapat mengendalikan seluruh menu yang ada di televisi layaknya dikendalikan oleh remot sungguhan.

Bukan android namanya kalau tidak mempunyai multi fungsi.


Sebenarnya ponsel android bukan hanya di jadikan sebagai remote TV, Melainkan juga bisa dijadikan remote berbagai peralatan elektronik yang biasa menggunakan remote, seperti DVD PLayer, AC (Air conditioner), sound Sistem, Home Teather dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Hebatkan!

Dan yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua hp android bisa dijadikan sebagai remote TV. Dan anda harus tahu pula bahwa syarat yang di butuhkan oleh android agar bisa berfungsi sebagai remote TV adalah adanya fitur koneksi IR atau InfraRed. Nah IR atau InfraRed inilah yang jadi vital agar hp android anda bisa berubah fungsi menjadi remote TV. Untuk mengecek apakah Android anda sudah ada koneksi InfraRednya atau tidak silahkan baca juga: Cara Mengecek InfraRed Di Hp Android

Namun sekarang sudah banyak dari ponsel ataupun tablet Android yang sudah di lengkapi dengan fitur atau aplikasi remote bawaan pabrik. Seperti Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note 3, Xiaomi Mi4, Xiaomi Mi5, LG G4, LG G5, Sony Xperia Z2 dan lain-lain.

Cara Membuat Ponsel Dan Tablet Android Menjadi Remot TV.

Sebenarnya untuk membuat smartphone android menjadi sebuah remote TV bisa di aktifkan dengan dua cara yaitu dengan cara menggunakan aplikasi bawaan android itu sendiri (pabrik) maupun dengan cara menggunakan bantuan Aplikasi pihak ketiga. Namun tutorial yang akan di bahas oleh Madurace.com kali ini adalah hanya dengan cara menggunakan bantuan Aplikasi pihak ketiga saja. Alasannya karena step by stepnya sangat simpel dan tidak muter-muter.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1). Download dan Install aplikasi yang bernama IR Remote di google Play Store.

2). Bila proses pengisntallan sudah selesai silahkan buka Aplikasinya dan buat remotnya dengan menekan tombol "(+)" warna merah lalu pilih "Infared"

3). Selanjutnya pilih "Television". Serta pilih juga nama brand atau merk televisi anda. Misalnya Sony, Panasonic, SHARP dan LG.

4). Kemudian pilih "Chose" Lalu "GUI" dan "Save".
Lihat Gambar

5). Terakhir! Anda akan dibawa pada interface layaknya sebuah remote TV.
Lihat Gambar.

Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV atapun mengubah volume suaranya.

Dengan menggunakan Aplikasi IR Remote anda dapat membuat lebih dari satu akun remot TV hanya dalam satu genggam android yang bisa anda gunakan di beberapa televisi yang berbeda. Baik beda tempat maupun beda brand atau  merk.

Demikianlah tutorial Cara membuat ponsel android menjadi Remote TV yang telah saya sajikan kepada kalian semua. Semoga Artikel yang saya posting kali ini sangat membantu dan bermanfaat. Sekian terima kasih.

Bagikan jika bermanfaat