Cara Internet Gratis Menggunakan Aplikasi ANONYTUN

AnonyTun adalah salah satu aplikasi VPN (Virtual Private Network) yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses situs yang di blokir oleh provider. Namun di lain sisi aplikasi ini bisa juga di manfaatkan sebagai perantara untuk mengakses internet secara gratis.

Iya, selain aplikasi HTTP Injector, KPN Tunnel, OpenVPN, Psiphon dan lain-lain, kini nambah lagi satu aplikasi yang masih di bilang baru di kalangan para gretongan.

Kenapa saya bilang baru? Karena bila di bandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang telah saya sebutkan di atas, aplikasi Anony Tun sendiri masih belum banyak diketahui oleh para sahabat gretongan mania. Dan saya sendiri telah melihatnya di Play Store kalau aplikasi yang satu ini masih sepi pengguna. 

Dengan hadirnya aplikasi AnonyTun ini, tentu akan menjadi saingan baru atau bahkan bisa jadi ancaman bagi aplikasi-aplikasi yang sebelumnya lebih duluan eksis di dunia gretongan.

Dan saya sendiri yakin bahwa suatu saat nanti aplikasi yang satu ini akan menjadi sebuah aplikasi yang sangat banyak diminati oleh para sahabat gretongan mengingat kinerja dari aplikasi tersebut tidak begitu mengecewakan.

Serta cara mengoperasikannya pun tidak membingungkan pengguna. Ya pokoknya sangat bersahabat banget deh sama pengguna yang masih newbie seperti kita-kita ini.

Menurut pandangan saya, ada keunikan tersendiri dari aplikasi AnonyTun ini bila di bandingkan dengan aplikasi-aplikasi gretongan lainnya. Kenapa demikian? Karena kalau aplikasi lain seperti HTTP Injector dan KPN Tunnel, pengguna di tuntut harus memasukkan akun ssh, remote proxy serta payload yang masih work agar aplikasi tersebut berhasil konek. Sedangkan aplikasi Psiphone dan semacamnya justru sebaliknya, tidak support dengan payload, ssh serta remote proxy.

Adapun untuk aplikasi AnonyTun yang saya anggap unik tersebut justru fiturnya  ada di tengah-tengah dari aplikasi yang telah di sebutkan di atas. Yaitu support payload namun tidak harus mengggunakan akun ssh dan remote proxy.

Namun demikian, meski pengguna harus memasukkan payload, itu tidak akan menjadi masalah bagi yang masih kurang professional dalam meracik payload. Karena payload yang di maksud disini tidak sama dengan payload yang ada di HTTP Injector dan KPN Tunnel.

Kalau di kedua aplikasi tersebut pengguna di tuntut harus memasukkan berbagai macam method payload agar aplikasi yang bersangkutan bisa konek, maka tidak demikian dengan yang terjadi pada AnonyTun. Karena di dalam aplikasi AnonyTun sendiri pengguna tidak harus menguasai berbagai method payload tertentu.

Cukup bermodalkan bug operator yang masih work, kemudian masukkan kedalam form generator yang telah tersedia disana, maka bug tadi akan di generate menjadi payload yang valid yang siap di gunakan untuk mengakses internet.

Bukankah aplikasi gretongan itu kalau tidak di support dengan ssh sangat susah untuk bisa konek min? Misalnya seperti Psiphon Pro, VPN Handler, HTTP Injector Handler dan semacamnya!

Oh tidak gan! Justru aplikasi AnonyTun ini lebih fast konek bila di bandingkan dengan aplikasi semacam itu.

Jangankan mau di bandingkan sama aplikasi yang tidak support dengan akun ssh, mau di bandingkan dengan aplikasi yang support ssh sekelas HTTP Injector dan KPN Tunnel sekalipun, AnonyTun sendiri tidak bakalan kalah saing terhadap kedua aplikasi tersebut.

Lah kok bisa begitu min? Seharusnya kan susah konek kalau aplikasi kayak ginian! Ya mana ane tahu agan tamvannn??? Wong saya sendiri bukan ahlinya di bidang ini.

Yaa kalau boleh saya mau berasumsi, ada dua kemungkinan untuk menjawab pertanyaan itu.
1). Pertama kemungkinan besar kenapa aplikasi AnonyTun ini cepat konek, mungkin, sekali lagi, mungkin karena support dengan payload yang telah saya sebutkan tadi.

2). Kedua; bisa juga karena pihak pengembang sendiri menyediakan proxy server yang sangat bagus dan selalu memantaunya. Sehingga dapat menyebakan penyampaian koneksi sangat cepat. (mungkin point nomor dua ini alasan yang paling kuat kenapa AnonyTun cepat konek).

Lalu kalau masalah speednya gimana min? Kalau masalah speed sepertinya lebih bagus Anony Tun daripada Psiphon dan aplikasi-aplikasi Handler lainnya. Namun apabila di bandingkan dengan aplikasi sekelas HTTP Injector dan KPN Tunnel, jika kedua aplikasi tersebut menggunakan squid proxy (bukan proxy bawaan operator), maka keceptannya hampir sama dan tidak ada yang di unggulkan.

Namun semua itu juga tergantung pada TKP masing-masing serta tergantung kualitas koneksi yang terjadi pada saat itu pula. Karena trik internet gratisan semacam ini (untuk kartu Axis) tidak sebagus seperti dulu ketika  bug legendaris masih work. Sedangkan untuk saat ini, setelah bug legend sudah tumbang, speed menurun dan koneksi sering mengalami gangguan.

Hemmm... jadi kangen deh sama bug legendaris, semoga kedepannya operator akan membukanya kembali bug yang saya maksud tersebut. AMINN. (Ya daripada beli paket, gak apa-apa dah speednya lelet dan kuotanya limited. Yang terpenting kita masih dapat mengakses internet secara gratis).

Namun demikian, meski aplikasi AnonyTun ini kualitasnya bisa di setarakan dengan aplikasi HTTP Injector dan KPN Tunnel, menurut saya pribadi ada kekurangan yang seharusnya di tambahkan oleh pihak pengembang Yaitu fitur hotspot Wi-fi. Baca Juga: Trik Mengaktifkan Hotspot Wi-Fi di aplikasi Anonytun

Iya, pada aplikasi tersebut fitur hostpot Wi-fi tidak support di dalamnya. Kalau saja fitur ini juga support disana, saya yakin pengguna akan meninggalkan aplikasi sekelas HI dan KPN Tunnel. Karena memang aplikasi AnonyTun sendiri kualitasnya sangat di andalkan dan tidak membuat penggunanya merasa kecewa.

Selain dari itu, ukuran kapasitas dari aplikasi yang satu ini sangat kecil sekali bila di bandingkan dengan aplikasi-aplikasi gretongan lainnya kecuali KPN Tunnel Ultimate. Untuk versi terbarunya saja yaitu versi 2.6 ukurannya tidak sampai 5 mb.

Jadi, dengan kapasitas mungil seperti itu memungkinkan aplikasi AnonyTun tidak hanya kompetible pada smartphone Android yang mempunyai spesifikasi memory internal dan RAM yang tinggi saja melainkan juga sangat cocok bagi pengguna Android yang mempunyai spek rendah.

Namun terkadang aplikasi yang mempunyai kapasitas rendah, bukan berarti akan menjadi jaminan aplikasi yang bersangkutan berjalan mulus pada perangkat-perangkat tertentu, tidak! Justru terkadang aplikasi tersebut mengalami masalah ketika di jalankan pada ponsel yang mempunyai spek tinggi.

Sebagai contoh aplikasi KPN Tunnel Ultimate yang versi terbaru yaitu versi 1.5.5.

Kapasitas dari aplikasi KPN Tunnel Ultimate versi 1.5.5 sendiri tidak lebih dari 3 mb. Namun siapa sangka aplikasi buatan orang Indonesia tersebut setelah di jalankan pada OS Android versi Lollipop justru aplikasi tersebut sering mengalami force close. Bahkan ada yang laporan tidak berfungsi sama sekali.

Sedangkan untuk versi Android yang ada di bawahnya (sebut saja JellyBean) yang jelas-jelas speknya lebih rendah daripada Lollipop justru malah sebaliknya. Aplikasi tersebut setelah di jalankan pada Android JellyBean berfungsi dengan baik dan tidak mengalami masalah seperti yang di alami oleh sebagian Kitkat dan Lollipop.

Dengan mengamati gambaran diatas, hal ini tentu sudah jelas bahwa sekalipun aplikasi AnonyTun sendiri mempunyai kapasitas sangat kecil bukan berarti aplikasi tersebut akan berfungsi secara mulus di semua versi. Bisa jadi di salah satu versi ada yang masih belum sesuai dengan sistem.

Namun saya rasa hal itu tidak akan terjadi mengingat saya sendiri sudah mengetest-nya di tiga smartphone android yang berbeda versi. Yaitu di versi Android JellyBean (milik saya sendiri), Kitkat (milik keponakan), Lollipop (milik ipar) semuanya berjalan mulus sesuai dengan yang saya harapkan. Sedangkan untuk versi Marshmallow dan Nougat saya sendiri belum mencobanya karena keterbatasan perangkat.

Hallahhhh... daripada  ngomongin hal-hal yang tidak jelas gitu dan membuat artikelnya ngelantur kemana-mana, lebih baik kita langsung saja membahas bagaimana caranya agar kita bisa berinternetan secara gratis menggunakan AnonyTun.
Sekalipun saya mau membahasnya panjang - lebar, toh bagaimanapun juga diantara kalian tidak akan membacanya. Apalagi blog madurace.com ini terkenal dengan artikelnya yang serba blepotan bin berantakan. Jadi bikin males deh pengunjung atau visitor yang mau membacanya.

Berikut Langkah-Langkahnya Agar Kita Bisa Berinternetan Menggunakan Aplikasi AnonyTun.

1). Seperti biasa gan! Pertama kalian harus mempunyai alat tempurnya dulu. Kalau tidak punya silahkan download di pusat gudang aplikasi Android yaitu Play Store.
(Kalau masih bingung bentuk aplikasinya seperti apa? cari aja dengan kata kunci AnonyTun).

2). Jika sudah ketemu dan sudah terinstall di android agan, silahkan buka aplikasinya.

3). Kemudian kalau agan sudah berada di interface atau antarmuka dari halaman AnonyTun, tugas agan selanjutnya adalah mengeklik fitur "Stealth Settings".
(Lebih tepatnya ada di pojok kanan atas).

4). Jika sudah! Untuk mengaktifkannya silahkan gulir ke kanan scroll "Stealth Tunnel On/Off". Sedangkan untuk pengaturan;
- Connection Protocol Pilih "TCP".
- Connection Port diisi: 8080 atau bisa juga 3128.
Connect Via Parent Proxy: dibiarin
- Custom TCP/HTTP Header: di gulir kekanan (penting).
- Advanced SSL Setting: dibiarin.
setting Anonytun

5). Kemudian untuk membuat payloadnya agar AnonyTun nantinya cepat konek, silahkan tap/klik "Edit Custom TCP/HTTP Header".

6). Setelah di tap/klik, maka akan muncul jendela baru.
Kemudian form:
- URL / Host: di isi bug masing-masing opearator.
(Bagi pengguna Axis Hitz yang masih belum tahu bugnya, silahkan di download bugnya di bagian bawah artikel)
- Request Method: pilih GET atau POST juga boleh.
- Injection Method: pilih NORMAL
- Query Method: Biarin
- Extra Header: pilih Keep-Alive saja yang di centang.

7). Kalau sudah, untuk menghasilkan payloadnya silahkan tap / klik "GENERATE". Kemudian hasilnya akan berbentuk seperti method payload di bawah ini.

GET [host_port] HTTP/1.1[crlf]
Host: m.facebook.com[crlf]
Connection: Keep-Alive[crlf]
[crlf]
NB: m.facebook.com bisa diganti dengan bug operator (kartu) yang agan gunakan.
Bug diatas hanyalah contoh gan, bukan bug beneran. sekalipun contoh bug diatas work, itu hanya semata-mata karena kebetulan belaka.

8). Terakhir silahkan di "SAVE" kemudian "SAVE" sekali lagi.
Habis itu tinggal pancal saja aplikasinya.
Nanti kalau aplikasi berhasil konek, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Bagi pengguna Axis HITZ yang kebetulan masih belum tahu bugnya silahkan ambil bugnya melalui link di bawah ini. 



Sedangkan untuk kartu yang lain, bukannya tidak mau ngasih melainkan saya sendiri memang tidak tahu. Jadi maaf banget dan harap dimaklumi.

Catatan Penting:
1). Praktek diatas saya menggunakan simcard Axis (hitz) dan TKP Jatim.

2). Ingatlah selalu slogan dari  gretongan bahwa "Tidak semua kartu dan TKP work dengan trik diatas. Beda V4gin* beda rasa"

3). Jangan lakukan trik diatas menggunakan kartu yang ada kuota dan pulsanya. Karena trik ini bisa malak pulsa dan kuota.

Bagikan jika bermanfaat